• Desember 2016
    S S R K J S M
    « Sep    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

RUBRIK PEMUDA

Tips buat para jomblo

“Memilih Pasangan”

Kej. 24

Memilih si dia ... baca tips ini

Memilih si dia ... baca tips ini

  
Keponakan om yang masih jomblo, dalam mencari pasangan renungkan dulu tips dibawah ini:

  1. Sesungguhnya manusia itu dikehendaki untuk berpasangan tetapi bukan berarti pasangan kita itu sudah ditakdirkan, kita tetap diberi kehendak bebas untuk memilih pasangan hidup kita.
  2. Kita dianugrahkan kemampuan untuk mempertimbangkan memilih calon pasangan hidup kita oleh karena itu belajarlah dari pengalaman orang lain dan nasehat orang lain yang dapat dipercaya sebagai referensi didalam pertimbangan pemilihan.
  3. Jangan sekali-kali mencoba memilih calon pasangan hidup yang tidak seiman dengan harapan bahwa kita dapat membawa dia keiman yang kita kehendaki, resiko itu terlalu besar untuk ditanggung. Karena perbedaan iman adalah perbedaan yang sangat mendasar, ini akan sangat mempersulit proses komunikasi dan penerimaan satu dengan yang lain. Pesan Paulus : Tidak mungkin terang dengan gelap disatukan dalam satu pasangan (I Kor 6:14).
  4. Pertimbangkanlah keseimbangan dan kesesuaian antara diri kita dengan calon pasangan kita. Kesesuaian adalah kunci untuk sebuah hubungan yang kuat. Kesesuaian tidak berarti sama persis, tetapi kesesuaian berarti berbeda tetapi bisa saling melengkapi dan menerima. Kesesuaian ini meliputi bidang-bidang: kemampuan rasio dan inteligensia serta kematangan dalam sikap hidup. Semakin jauh kesesuaian yang ada, semakin sulit untuk membangun relasi yang kuat dan mantap. Oleh karena itu, sebelum hubungan bergerak terlalu jauh, perhatikanlah masalah kesesuaian ini. Ingatlah, bagi kita pernikahan hanyalah pengalaman sekali seumur hidup.
  5. Pertimbangkan Karakternya. Karakter yang ditunjukkan kepada Eliezer untuk memilih Ribka sebagai istri Ishak adalah seorang wanita yang tindakannya menunjukkan kerendahan hati, ketaatan, dan sikap melayani (Kej 24). Karakter yang baik diantaranya adalah :
  • Ada sifat untuk bersedia melayani dengan rendah hati.
  • Ada sifat menjaga kemurnian dalam hal seksual.
  • Ada sikap mengasihi orang lain.
  • Dapat menguasai dirinya.
  • Bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.

 Tentunya daftar ini tidak seharusnya menjadikan kita mencari orang yang sempurna. Tidak ada orang yang sempurna, tetapi kesediaan untuk terus belajar dan bertumbuh dalam karakter-karakter yang baik sangatlah penting, jadi bukan berarti pilihan kita harus ”gua banget”.

  1. Cari pasangan ditempat yang tepat. Abraham mengutus Eliezer mencari menantunya calon isteri Ishak bukan di Kanaan dia menyuruh ditempat orang-orang yang menyembah Tuhan. Carilah dan bergaullah mencari calon pasangan ditempat yang benar. Jangan merasa rendah didalam pergaulan diantara mereka teman-teman yang sudah mempunyai pasangan tetapi seharusnya lebih intens bergaul dengan teman-teman baik teman sesama jomblo ataupun teman yang sudah punya pasangan.
  2. Berdoalah mohon pimpinan Tuhan. Eliezer juga berdoa dan memohon pimpinan Tuhan (Kej 24:12). Akuilah bahwa kita punya keterbatasan jadi campur tangan Tuhan sangat kita perlukan, tetapi juga jangan terlalu mengandalkan tanda, walaupun Eliezer sudah menemukan tanda pada Ribka tetapi dia terus mengamati dan menilai Ribka.
  3. Mintalah pertimbangan orang dekat kita. Ribka pun sebelum ia akhirnya bersedia mengikuti Eliezar menjadi isteri Ishak dia mendengarkan pendapat dari keluarganya. Mencari pasangan sejati membutuhkan waktu dan tenaga seperti Eliezer mencari Ribka

Para Jomblo : ”Selamat mencari pasangan hidup yang sejati.”

Disunting dari : Berbagai sumber 

Segera Terbit:

Tips Berpacaran

Orang Beriman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: