• Juli 2009
    S S R K J S M
    « Mei   Agu »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

>”JAMINAN KESELAMATAN” IKor 15:12-20

“Kebangkitan Kristus adalah Jaminan Keselamatan orang Percaya”

I Kor. 15: 12-20

Khotbah

Ciri dan kejutan khas berita Kristen yang pertama ialah penekanannya pada kebangkitan. Penghotbah-penghotbah pertama yakin dan percaya bahwa pada waktunya orang-orang akan bangkit.Pada agama-agama lain pun ada kebangkitan tetapi tidak ada yang sama dengan kebangkitan Kristus dimana Yesus benar-benar mati, namum mengalahkan kematian dan dia bangkit.
Pada umumnya semua kebangkitan itu berupa dongeng / reinkarnasi.

  • Filsafat Plato yang mengakui kekekalan jiwa seseorang tetapi menyangkal kebangkitan tubuh. Mereka memahami hidup setelah mati sebagai kekekalan jiwa tapi menolak segala gagasan tentang kebangkitan.
  • Kaum Saduki menolak ajaran tentang kehidupan sesudah kematian, kebangkitan, ketika mereka mendengar kebangkitan mereka berpikir bahwa yang dibangkitkan adalah tepat tubuh yang sama dengan tubuh yang mati.

Orang Kristen berpikir tentang tubuh yang dibangkitkan tapi sebagai yang diubah sedemikian rupa sehingga ‘tepat guna’ bagi kehidupan yang akan datang, yang begitu berbeda dari kehidupan kini, jadi gagasan Kristen benar benar khas.

Beberapa kesaksian Alkitab tentang Kebangkitan :
¨     Paulus: Kesaksian Paulus tentang kebangkitan orang Kristen : lihat I Kor 15:42-44
IKor 15:42 Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.
15:43 Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.
15:44 Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah

Sebagai gambaran untuk memahami ayat ini kita bayangkan saja malaikat.

  • Nabi Yesaya: mengajarkan kebangkitan tubuh dari orang yang telah ditebus. Yesaya 26:19
  • Daniel bersaksi: Kebangkitan orang benar dan kebangkitan orang jahat.

Daniel 12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

  • ¨    Yohanes dalam Wahyu 20:4-5 Kedua kebangkitan tidak bersamaan.
  • ¨    Yesus, Yesus menubuatkan kebangkitanNya pada hari yang ketiga Mrk.8:31

Paulus melihat makna kebangkitan Kristus sebagai sumber pengharapan yang menguatkan keyakinan bahwa mereka telah mati didalam Kristus Yesus pasti dibangkitkan.
Kebangkitan Kristus adalah jaminan kebangkitan semua orang. Dosa Adam membawa kematian bagi semua orang tetapi kebangkitan Kristus membawa hidup bagi semua orang. Kebangkitan tubuh datang melalui Kristus, dan Kristuslah orang yang pertama yang dibangkitkan dari antara orang mati.
Memang ada yang dibangkitkan lebih dahulu dari Yesus tetapi ia mati lagi, sedangkan Yesus tidak.
Semua orang dibangkitkan bukan berarti semua orang diselamatkan.

Siapa yang diselamatkan pada saat kebangkitan itu?
Yang diselamatkan adalah yang menjadi milikNya pada waktu kedatangan Nya.
15:23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya

Tetapi ada yang tidak dapat menerima kebangkitan itu
Lihat olok-olok kepada Paulus pada Kis. 17:32 Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: “Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu.

Apakah bukti-bukti kebangkitan Kristus ?

1. Injil Kristus
Yesus mengajar tentang kebangkitan.
Yoh. 5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum
Paulus telah memberitakan injil Kristus dan diulangi lagi pada
I Kor 15 : 1-11 khususnya ayat 1 dan 2 yaitu :
15:1 Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.
15:2 Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu — kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

2. Kesaksian murid-murid Yesus
Murid-murid  Yesus 11 orang masih bergaul bersama Yesus sebelum hari kenaikan Yesus ke Surga.
Sewaktu Yesus disalibkan murid-murid Tuhan Yesus tercerai berai dan perasaan takut yang luar biasa.
Tetapi sesudah mereka menyaksikan kebangkitan Kristus mereka bersatu kembali dan dengan berani memberitakan injil sampai mereka ada yang dihukum.
Kesaksian Rasul Petrus :
I Ptr. 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan
Yesus dua kali menampakkan diri kepada para rasul.
Yesus menampakkan diri kepada Rasul Paulus sewaktu perjalanan ke Damsyik.

3. Orang-orang yang menyaksikan kebangkitan Kristus

Yesus menampakkan diri lagi kepada lebih 500 orang pada waktu bersamaan seperti yang terjadi di Galilea. Inilah bukti bahwa Yesus benar- benar bangkit.
Kebangkitan Kristus adalah jaminan keselamatan bagi orang Kristen.
Seharusnya kita menyadari bahwa :
Walaupun kita telah berusaha untuk melakukan yang terbaik tetapi itu tidak cukup, kita tidak akan menemukan kesempurnaan dalam diri kita.
Apabila kita berpikir bahwa kita dapat menemukannya maka sesungguhnya kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran itu tidak ada pada kita.Jadi sangat mudah untuk memiliki pengertian yang keliru tentang tuntutan keselamatan itu.
Bagaimana kita yang mempunyai pengertian yang tepat tentang tuntutan keselamatan itu ? Apakah kita sudah terhindar dari keyakinan  keselamatan yang keliru ? jawabnya tidak.

Iblis pun mengetahui apa yang dituntut untuk mendapatkan keselamatan, dia tahu Juruselamat dunia, dia mengerti secara intelektual tentang keselamatan daripada kita manusia.
Masalahnya adalah:

  • Iblis tidak mempunyai kepercayaan secara pribadi kepada Yesus Kristus untuk keselamatannya,
  • Iiblis membenci Yesus yang adalah Juruslamat.

Kita dapat salah menilai diri kita sendiri apakah kita  telah memenuhi tuntutan keselamatan itu atau tidak.
Kita dapat berpikir bahwa :

  • Kita berpikir bahwa kita percaya kepada Kristus tetapi Kristus yang kita percaya bukanlah yang dinyatakan dalam Alkitab.
  • Kita berpikir bahwa kita sudah mengasihi Allah tetapi kenyataannya Allah yang kita kasihi itu adalah berhala.
  • Kita berpikir bahwa Allah itu hanya Maha kasih! padahal dia adalah Allah yang berdaulat,  ” Aku adalah Aku ”

Apakah kita mengasihi Allah yang mengirim manusia ke neraka ? Apakah kita mengasihi Kristus yang pada suatu hari nanti berkata : “Enyahlah engkau dari hadapanKu, Aku tidak pernah mengenal engkau ?” Apakah kita tidak lebih mengasihi materi, uang, kesenangan duniawi ?

Mungkin saja Allah yang kita percaya adalah orang lain, kita sangat tersihir oleh penampilan seseorang atau sesuatu organisasi / gereja  yang sangat memikat hati kita sehingga kita bertobat pada orang itu atau organisasi itu sebagai pengganti Kristus. Kita harus berhubungan langsung dengan Allah dan Kristus yang menyelamatkan itu. Menurut pandangan Alkitab bukan hanya mungkin kita memiliki keyakinan keselamatan yang benar melainkan juga merupakan kewajiban kita untuk berusaha memiliki keyakinan akan keselamatan itu.

Sebaliknya adalah kesombongan kalau kita tidak berusaha mencarinya. II Petrus 1:10-11
1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
1:11 Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus

Ada banyak orang Kristen yang telah diselamatkan tetapi tidak mempunyai keyakinan keselamatan itu. Apakah ruginya kalau kita tidak mempunyai keyakinan akan keselamatan itu ? Kalau kita tidak yakin akan anugerah yang kita terima, maka kita akan mudah diserang  oleh keraguan dan ketakutan didalam jiwa kita, mengakibatkan kita ragu-ragu berjalan bersama Kristus. Masih banyak orang yang berkeliaran yang tidak tahu bahwa suatu saat dia bertobat dan mengikut Kristus.
Tetapi suatu kebodohan kalau kita tidak tahu bahwa kita adalah yang terpilih itu. Tidak ada lagi pertanyaan yang lebih penting dari pada keyakinan akan keselamatan itu. Kalau saudara tidak yakin saudara harus berusaha untuk yakin jangan sekali kali beranggapan bahwa saudara tidak terpilih. Buatlah agar pilihan kita menjadi pasti.

Rasul Paulus sangat yakin akan keselamatannya : IITim 4:6-8 Bagaimana supaya kita seperti Paulus yang memiliki kepastian keselamatan.
Kepastian keselamatan didasarkan pada :
¨       janji-janji Allah.
¨       bukti-bukti internal dari diri kita.
¨       bukti-bukti external dari diri kita.

Apa contoh bukti internal itu:
Gampangnya jika seorang laki-laki dan seorang perempuan saling jatuh cinta tentu kita berasumsi bahwa mereka menyadari akan hal itu. Seorang biasanya dapat membedakan apakah dia jatuh cinta pada seorang atau tidak. Ini berdasarkan keyakinan secara internal.

Selain ada bukti yang internal, ada pula bukti yang external :
kita bisa melihat buah nyata dari pertobatan kita. Kita sendiri dapat menguji apakah ada perubahan yang nyata dalam tingkah laku kita.:
1. Menghasilkan kerendahan hati yang tulus
2. Memimpin pada ketekunan dalam kesucian
3. Mengevaluasi kehidupan dengan jujur
4. Merindukan untuk semakin memiliki persekutuan dengan Allah.

Keyakinan yang keliru :
1. Menghasilkan kesombongan rohani
2. Memimpin pada hidup yang sembarangan
3. Menghindari evaluasi yang sebenarnya
4. Dingin dan ogah2an terhadap persekutuan yang intim  dengan Allah

Ingat bahwa:

  1. Jaminan keselamatan adalah sangat vital bagi kita untuk kehidupan rohani kita
  2. Allah memanggil kita untuk memiliki keyakinan akan keselamatan daripadanya kita mendapat penghiburan  serta kekuatan.
  3. Kita bertekun bukan karena kekuatan kita tetapi karena anugerah Allah.

Kiranya  Allah memampukan kita agar kita percaya bahwa kita adalah anggota Kerajaan Allah, sehingga sukacita selalu menyertai kita. Amin.

Isai Mila                                                                       Ysm/25/04/04

3 Tanggapan

  1. kiranya anda menjadi pencari jiwa pada zaman ini.amin

  2. 1 tahun baru terbaca. Tulisan yang bagus, mungkin perlu dilanjutkan. Sebagai perhatianku, kucoba merasakan juga akan kebangkitan Yesus. Kebangkitan mengingatkan kepada kita kepastian sebagai orang percaya. Fakta dalam Alkitab membuktikan bahwa sebelum Tuhan menampakan kepada muridnya sebagaimana perjalanan 2 orang ke Emaus, disitu digambarakan ada berbagai informasi yang membuat murid Tuhan dalam kondisi tidak menentu, bingung, risau, takut dan “kurang percaya” padahal merekalah yang pernah mendengar janji keselamatan dan hidup bersama dengan Tuhan. Maka kebangkitan Yesus adalah ajaran meyakinkan kembali akan keselamtan kita. Informasi tentang Tuhan harus diyakini hanya dalam Ajaran Alkitab, apapun sumber yang mengatasnamakan Yesus perlu disikapi dengan iman, jangan sampai kita ragu lagi bahwa Alkitablah sumber ajaran yang harus di terima sebagai dasar iman. Iman terwujud dalam kehidupan untuk sesama dan harus mampu dirasakan oleh orang lain (buah), iman merupakan dasar pengharapan dan kasih. Sedangkan kasih dapat diwujudkan dalam buah buah kasih pada kehidupan sehari hari, dan kasih itu harus satu kesatuan dengan tercermin dalam segenap akal budi dan sepenuh jiwa. Kasih yang tidak masuk akal tidak berbudi dan tidak sepenuh jiwa, walaupun dalam Tuhan Yesus semestinya patut di renungkan kembali. apakah ada, banyak…pemberitaan pemberitaan saat ini yang mengatas namakan yesus membuktikan hal itu. Waspadalah …

  3. Halleluyah, terpujilah nama Tuhan
    Sungguh kabar baik..

    salam kenal,
    http://sectiocadaveris.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: